Berita

Wisata

Post Page Advertisement [Top]


Pengertian Jurnal

Jurnal merupakan catatan akuntansi pertama setelah bukti transaksi. Sedangkan Jurnal Akuntansi adalah suatu pencatatan yang sistematis berdasarkan kronologis dari transaksi transaksi financial perusahaan. Setiap transaksi perusahaan harus di jurnal terlebih dahulu sebelum masuk ke buku besar, oleh karena itu Jurnal dikenal juga dengan “Book of original entry”.

Jurnal sendiri berasal dari bahasa Perancis (jour) artinya adalah hari, buku jurnal berguna untuk menganalisis bukti transaksi sebelum dicatat ke dalam akun. Meskipun transaksi-transaksi yang terjadi dapat langsung dimasukkan kedalam buku besar, akan lebih tepat jika transaksi terlebih dahulu dicatat kedalam jurnal, baru kemudian jumlah debit dan kreditnya ditransfer ke rekening buku besar yang sesuai. Karena ada beberapa kelemahan yang dapat terjadi, diantaranya sulit menemukan kesalahan apabila terjadi kesalahan dalam pencatatan. Di samping itu juga tidak ada catatan mengenai terjadinya transaksi dalam suatu perusahaan. 

Jurnal menyediakan satu ruangan yang lengkap untuk mencatat suatu transaksi yang terjadi secara kronologis (urut waktu terjadinya). Didalam jurnal terdapat nama dan jumlah uang dari masing-masing rekening atau rekening-rekening yang didebitkan atau dikreditkan. Oleh karena itu dengan jurnal memungkinkan untuk mereview seluruh pengaruh transaksi-transaksi penting perusahaan dan juga mengantisipasi kelemahan-kelemahan tersebut maka pencatatan dilakukan dengan bertahap. Dalam siklus akuntansi perusahaan, jurnal merupakan kegiatan pencatatan dasar sebelum posting akun di buku besar. Dengan demikian, bila terjadi kesalahan dalam membuat jurnal, mengakibatkan akun di buku besar juga salah, sehingga laporan keuangan pun pada akhirnya juga salah.


Fungsi Jurnal

Fungsi jurnal adalah menyediakan catatan yang lengkap dan permanen dari semua transaksi perusahaan yang disusun dalam urutan kronologis kejadiannya sebagai referensi di masa mendatang. Tujuan mencatat transaksi ke dalam jurnal adalah untuk menunjukkan pengaruh setiap transaksi ke dalam akun perusahaan.

jurnal mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut :
a. Fungsi Historis artinya pencatatan setiap bukti transaksi dilakukan secara urut berdasarkan tanggal terjadi transaksi.
b. Fungsi mencatat artinya semua transaksi harus dicatat dalam buku jurnal.
c. Fungsi analis artinya pencatatandalam jurnal merupakanhasil analis transaksi berupa pendebitan dan pengkreditan akun-akun yang terpengaruh berikut jumlahnya.
d. Fungsi instruktif artinya pencatatan dala jurnal merupakan instruksi atau perintah untukmelakukan posting debet/kredit ke dalam buku besar.
e. Fungsi informatif artinya jurnal dapat memberikan informasi transaksi yang terjadi.

Macam-macam Jurnal

Jurnal terdiri dari beberapa jenis, diantaranya:
1. Jurnal umum
2. Jurnal khusus (Special Journal)
3. Jurnal Penyesuaiain (AJP)
4. Jurnal Penutup
5. Jurnal Pembalik
6. Jurnal Koreksi

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib