Berita

Wisata

Post Page Advertisement [Top]

1. Array

Array adalah sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan nama yang sama. Array memungkinkan untuk menyimpan data maupun referensi objek dalam jumlah banyak dan terindeks. Array menggunakan indeks integer untuk menentukan urutan elemen-elemennya, dimana elemen pertamanya dimulai dari indeks 0,elemen kedua memiliki indeks 1, dan seterusnya.

Sebagai contoh jika A merupakan sebuah array dengan tipe integer, maka notasi dari array A adalah: A[n], dengan n merupakan angka index dari array tersebut misal:
A[0]=100
A[1]=200
A[2]=300
A[3]=400


2. Stack

Stack (Tumpukan) adalah kumpulan elemen-elemen data yang disimpan dalam satu lajur linear. Tumpukan digunakan dalam algoritma pengimbas (parsing), algoritma penilaian (evaluation) dan algoritma penjajahan balik (backtrack). Elemen-elemen di dalam tumpukan dapat bertipe integer, real, record dalam bentuk sederhana atau terstruktur.

          Stack adalah suatu tumpukan dari benda. Konsep utamanya adalah LIFO (Last In First Out), benda yang terakhir masuk dalam stack akan menjadi benda pertama yang dikeluarkan dari stack. Tumpukan disebut juga “Push Down Stack” yaitu penambahan elemen baru (PUSH)ndan penghapusan elemen dari tumpukann(POP).


3. Queue

Queue merupakan suatu struktur data linear. Konsepnya hampir sama dengan Stack, perbedaannya adalah operasi penambahan dan penghapusan pada ujung yang bebeda. Penghapusan dilakukan pada bagian depan (front) dan penambahan berlaku pada bagian belakang (Rear) bisa disebut juga “Waiting Line”. Elemen-elemen di dalam antrian dapat bertipe integer, real, record dalam bentuk sederhana atau terstruktur.
Sistem pada pengaksesan pada Queue menggunakan sistem FIFO (First In First Out), artinya elemen yang pertama masuk itu yang akan pertama dikeluarkan dari Queue.



Keterkaitan Array dengan algoritma Stack dan Queue

Sebelum struktur data tumpukan ini bisa digunakan, harus dideklarasikan dahulu dalam kamus data. Ada beberapa cara pendeklarasian struktur data ini, salah satunya dengan menggunakan tata susunan linear (larik) dan sebuah variable, yang dikemas dalam tipe data record. Stack (tumpukan) adalah struktur data bertipe record yang terdiri dari field elemen, bertipe larik/array dengan indek dari 1 sampai dengan MaksTum (Maksimum Tumpukan), atas, bertipe interger berkisar dari 0 (saat kosong) sampai dengan MaksTum (Maksimum Tumpukan).

Stack dan Queue dapat diimplementasikan dengan array, record maupun pointer / link-list sedangkan array, record dan pointer / link list sendiri merupakan tipe data struktur yang dapat terdiri dari byte, integer, real dll. Hal ini menyebabkan implementasi stack memakai linked list akan memerlukan memori yang lebih banyak dari pada kalau di implementasikan dengan Array.

Dalam perancangan suatu program, kadang-kadang diperlukan tipe data yang abstraksinya lebih tinggi dari sekedar native data type yang tersedia. Type data yang lebih tinggi abstraksinya pada umumnya tidak disediakan native data typenya, contohnya stack, tetapi pada tahap implementasi dari tipe data ini, tetap diperlukan native data type yang tersedia seperti ; array, record, pointer, dan linked-list.



Referensi : http://ndymam.blogspot.com/.
http://kresnapw.wordpress.com/2013/10/09/stack-algoritma-dan-pemrograman/.

1 comment:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib