Berita

Wisata

Post Page Advertisement [Top]

Disemester empat ini gue dapet mata kuliah manajemen sains, gue juga belum tau dimata kuliah ini bakal ngebahas apa aja, yang jelas si katanya ada itung itungannya gitu, berikut pengertian manajemen sains dan pendekatan manajemen sains untuk pemecahan masalah.

Manajemen Sains  adalah ilmu yang mengajarkan kita bagaimana menerapkan ilmu sains dalam kegiatan manajemen, tentu dengan tujuan untuk mempermudah bisnis, meminimalisasi biaya yang harus dikeluarkan dan meningkatkan keuntungan dengan menggunakan cara kerja berdasarkan prinsip – prinsip keilmuan.

Pengertian lainnya yaitu ,Manajemen  sains adalah cabang dari teknik yang disertakan dalam pembelajaran, bagaimana untuk melukiskan, menilai, mendesain, mengubah, mengontrol dan termasuk pelaksanaan dari system-sistem yang tergabung dari manusia, material-material, dan teknologi, dilihat dari waktu ke waktu dan dengan keadaan yang relavan.

Disinilah manajemen sains berperan yaitu dengan menerapkan pendekatan ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah manajemen diatas dalam rangka membantu manajer mengambil keputusan yang paling tepat. Secara ringkas manajemen sains melakukan pendekatan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Melakukan pengamatan atau observasi
  • Mendefinisikan masalah-masalah yang ada
  • Membuat pemodelan pada masalah-masalah yang telah didefinisikan
  • Menentukan solusi model
  • Melaksanakan pemecahan model
Langkah-langkah Manajemen Sains:
  1. Melakukan Observasi: Mengenali dan mempelajari masalah-masalah yang dialami organisasi atau perusahaan agar masalah tersebut dapat dikenali dan bisa diantisipasi sebelumnya.
  2. Mendefinisikan Masalah: Masalah harus dapat didefinisikan dan dijabarkan dengan singkat, tepat dan jelas. Visi dan misi perusahaan akan sangat membantu dalam mengetahui masalah yang sedang terjadi.
  3. Membuat Pemodelan: Suatu pemodelan secara manajemen sains yang tepat harus dibuat yang merupakan penyajian ringkas untuk menggambarkan masalah yang sedang dihadapi.
  4. Menentukan Solusi: pemecahan masalah bisa dilakukan dengan program linear (metoda grafis, simpleks, transportasi, penugasan dan lain-lain), stokastik,, probabilitas dan teknik jaringan lainnya (simulasi, peramalan, persediaan, analisis hierarki dan lain-lainnya.)
  5. Melakukan perhitungan untuk mendapatkan solusi.
Ada kalanya satu model manajemen sains tidak memungkinkan mendapatkan solusi optimal, maka harus digunakan pemodelan yang lainnya agar benar-benar mendapatkan hasil yang optimal.

DOWNLOAD Tambahan referensi :
Manajemen Sains

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib