Berita

Wisata

Post Page Advertisement [Top]

Pengertian Management  sains adalah suatu ilmu yang menggunakan aplikasi matematika dalam penyelesain masalah yang dihadapi seorang manager yang dijelaskan sebagai filosofi dan logika untuk melakukan pemecahan masalah tersebut.

Tujuan utama dari management sains adalah untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi oleh seorang menager baik yang bergerak dalam sektor publik maupun swasta dalam proses pengambilan keputusan dengan cara pendekatan model-model matimatika.
Management sains dapat dipergunakan pada berbagai organisasi untuk memecahkan berbagai macam masalah yang meliputi logika dalam pemecahan masalah. Pendekatan secara logis, konsisten, dan sistematis terhadap pemecahan masalah sangat berguna dan berharga sama dengan pengetahuan tentang teknik matematika itu sendiri. Akan tetapi management sains dalam perkuliahan saat ini menggunakan perangkat lunak seperti microsoft excel , qm for windows  sehingga tidak terlalu rumit untuk menyelesaikannya dengan menggunakan metode matematika biasa. Sebagian orang juga merasa kalau matematika itu menakutkan, namun matematika dalam manajemen sains tidaklah seperti matematika pada umumnya karena pendekatannya menggunakan perangkat lunak.

Sesuai pengertian sebelumnya, sains management meliputi pendekatan sistematis dan logis dalam memecahakan masalah atau merupakan metode ilmiah untuk memecahkan masalah. Pendekatan ini harus mengikuti langkah-langkah teratur yang telah diterima secara umum:
1.      Pengamatan (Observasi)
2.      Defenisimasalah
Perumusan Model
3.      Pemecahan Model
Pelaksanaan (Implementasi) Hasil Pemecahan Model.

Langkah-langkah manajemen sains:
1.      Melakukan observasi: mengenali dan mempelajari masalah-masalah yang dialami organisasi atau perusahaan agar masalah tersebut dapat dikenali dan bisa diantisipasi sebelumnya.
2.      Mendefinisikan masalah: masalah harus dapat didefinisikan dan dijabarkan dengan singkat, tepat dan jelas. Visi dan misi perusahaan akan sangat membantu dalam mengetahui masalah yang sedang terjadi.
3.      Membuat pemodelan: suatu pemodelan secara manajemen sains yang tepat harus dibuat yang merupakan penyajian ringkas untuk menggambarkan masalah yang sedang dihadapi.
4.      Menentukan solusi: pemecahan masalah bisa dilakukan dengan program linear (metoda grafis, simpleks, transportasi, penugasan dan lain-lain), stokastik,, probabilitas dan teknik jaringan lainnya (simulasi, peramalan, persediaan, analisis hierarki dan lain-lainnya.)
5.     Melakukan perhitungan untuk mendapatkan solusi.
Ada kalanya satu model manajemen sains tidak memungkinkan mendapatkan solusi optimal, maka harus digunakan pemodelan yang lainnya agar benar-benar mendapatkan hasil yang optimal.

TUJUAN MANAJEMEN SAINS UNTUK MEMECAHKAN MASALAH
Pengamatan, mengenali dan mempelajari masalah yang ada di sistem atau organisasi. Definisi masalah, masalah yang terjadi harus dijabarkan dan ditegaskan dengan  singkat dan jelas. Pembuatan model, model sains manajemen merupakan penyajian yang ringkas dari situasi masalah yang sedang berjalan.

Pendekatan sains untuk manajemen
Teknik sains manajemen memberikan informasi yang dapat membantu manajer dalam membuat keputusan. Dalam membuat keputusan yang pokok, manajer  informasi yang diperoleh  harus menggabungkanmenggabungkan informasi yang diperoleh dengan keahlian dan pengalamannya.  Sains manajemen adalah proses yang terus menerus. Umpan balik model bisa memodifikasi model awal.

 Manajemen sain merupakan pendekatan ilmiah
Suatu organisasi atau instansi perusahaan merupakan wadah tempat berkumpulnya beberapa orang untuk bekerjasama di bawah pimpinan manajer organisasi dalam rangka mencapai tujuan bersama (organisasi).

 Organisasi mengubah masukan yang terdiri dari  man, money, material, dan machine untuk mencapai keluaran terbaik yang bisa berupa suatu produk atau jasa untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Dibutuhkan manajemen sains untuk membuat kolaborasi masukan tersebut agar mendapatkan keluaran yang maksimum.

Pada pelaksanaannya seorang manajer dihadapkan pada berbagai batasan-batasan atau kendala lapangan seperti persediaan bahan baku, tenaga terampil yang terbatas, biaya yang seadanya, masalah dengan transportasi, tempat penyimpanan stok yang terbatas dan banyak lagi kendala lainnya. Ini adalah permasalahan yang biasa terjadi dalam suatu organisasi, solusi yang diharapkan adalah bagaimana permasalahan tersebut dengan segala keterbatasannya bisa diselesaikan dengan keluaran yang seoptimal mungkin.

Disinilah manajemen sains berperan yaitu dengan menerapkan pendekatan ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah manajemen diatas dalam rangka membantu manajer mengambil keputusan yang paling tepat. Secara ringkas manajemen sains melakukan pendekatan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
A)    Melakukan pengamatan atau observasi
B)    Mendefinisikan masalah-masalah yang ada
C)     Membuat pemodelan pada masalah-masalah yang telah didefinisikan
D)    Menentukan solusi model

E)     Melaksanakan pemecahan model


Sumber:
1.       Khasmir, Pengantar Manajemen Keuangan,
2.       Syafri Sofyan, Analisis Kritis Laporan Keuangan, Rajawali Pres, Jakarta, 2008.
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=analisis+sensitivitas&source=web&cd=1&ved=0CCIQFjAA&url=http%3A%2F%2Fmikolehi.files.wordpress.com%2F2009%2F11%2Fanalisis-sensitivitas-sensitivity-analysis.ppt&ei=jZmeT8iCJsqHrAeopYVE&usg=AFQjCNFPF6Be9ObjerMrlasAMu6rnFYywg

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib