Berita

Wisata

Post Page Advertisement [Top]

Oke temen-temen, kali ini gue bakal ngelanjutin cerita perjalanan gue di pulau tidung, tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan gue sebelumnya Perjuangan Menuju Tidung , nah disini gue bakal nyeritain perjalanan gue selama dipulau tidung pada hari pertama dari mulai mencari tempat tidur sampe ngelakuin kegiatan yang seru dan sampe malem, ya semoga kalian suka bacanya dan juga semoga bisa memberikan informasi buat kalian yang berencana mau jalan jalan ke pulau tanpa menggunakan jasa travel.

Jadi setelah kita melalui jalan yang panjang , perjuangan banget deh pokonya mulai dari bangun disaat matahari belum terlihat , jalan kaki lumayan jauh, jadi korban PHP, belum tersentuh nasi sampe dibawa kebut kebutan sama tukang bajaj, akhirnya kita sampe juga di pulau yang sangat indah ini, yaitu pulau tidung.

Sesampainya disana kita langsung disambut sama bapak bapak yang nawarin kita penginapan, karna persediaan uang yang udah menipis jadi yang paling kita pikirin lebih dulu yaitu gimana caranya nanti kita bisa pulang, akhirnya kita mutusin buat nanya dulu ke loket pembelian tiket kapal dan bertanya apakah kapal KM.Nusantara yang Rp. 15.000 ada atau tidak, dan ternyata kapal itu tidak ada di hari jumat, namun adanya hari minggu , gak mungkin kan kita sampe hari minggu di Pulau Tidung dengan persediaan uang yang minim, udah gitu kita gak bawa tenda lagi, gue mulai bingung sama jadwal tu kapal, beda beda informasi tiap orangnya, gue jadi bingung yang bener yang mana, mau gak mau kita naik kapal yang kaya tadi kita naikin pas berangkat ke pulau tidung, namun harganya lebih murah yaitu Rp.40.000 lumayan lah beda goceng.

(Bapa bapa menawarkan penginapan)

Tapi jadwal keberangkatan kapal itu besok , mau gak mau kita harus nginep dipulau ini , akhirnya kita ngikutin tawaran bapak bapak yang tadi nawarin penginapan, soalnya dia juga udah bawel banget ngegiring kita buat ketempat dia, kebetulan kita juga gak bawa tenda, kalo liat situasi juga gak mungkin juga kalo kita ngemper tanpa tenda atau tidur ditempat umum, katanya tenang aja soal kapal nanti gampang, yang penting kita liat dulu penginapannya siapa tau suka.

(Penampakan bapa bapa , panggil aja bang Udin)

(Berjalan menuju penginapan)

Kitapun jalan menuju tempat penginapan, ternyata letaknya gak jauh dari dermaga namanya penginapan tepi laut Ibu Ina, kita disuruh liat liat dulu penginapannya, dan ternyata lumayan gede juga, gue udah mikir pasti ini mahal banget dan gak sesuai sama uang yang kita bawa, pas kita tanya harganya , bapak bapak itu menjwab harganya Rp. 250.000 , gak terlalu mahal si kalo kata gue, standar lah itu dan sesuai sama fasilitas yang dikasih , cuma karna persediaan uang yang kita bawa minim kita mikir mikir juga, dan akhirnya tawar menawar harga pun terjadi, dan berhenti di harga Rp. 200.000 tanpa ada fasilitas yang dikurangin.

(Penginapan yang kita tempati)

Fasilitas Penginapan tepi laut Ibu Ina:

3 ruangan =  ruangan depan, ruangan tengah sama kamar mandi
Kasur 3 buah     =  2 kasur biasa sama 1 kasur spring bed , dapet bantal banyak juga + 1 selimut.
Kipas 1 buah
AC 1 buah , tapi gue gak tau itu perapa PK
TV salurannya jernih
Gelas
Dispenser + Galon ada airnya full dan bisa bikin air panas
kursi + meja di teras
jemuran buat anduk atau baju basah
Dekat pantai

( Ruangan depan ada TV , Kipas , kasur 1 dan dispenser)
(Ruangan tengah ada kasur dua)

(Ada AC di ruangan tengah)

(Kamar mandi cukup luas)

(Dekat pantai)

(Halaman Depan)

(Teras Depan)

Setelah dapat penginapan, pukul 12.10 kitapun istirahat dahulu untuk nanti melanjutkan perjalanan di pulau tidung. Gak lama dari itu ada yang nyewa penginapan juga di samping penginapan kita , jadi kita punya tetangga, dan mereka bermaksud mau snorkeling, dan temen gue juga tertarik mau ikutan juga snorkeling dan dia ngajakin gue sama temen gue yang satunya, balik lagi karna persediaan uang gue yang minim gue mikir mikir lagi, tapi kata temen gue woles , karna di pulau tidung lagi ada kapal ATM , jadi bisa ngambil uang buat jaga jaga dan nambah persediaan uang. yaudahlah gue jadi ikut buat snorkeling dengan harga Rp. 35.000/org.

(Persiapan Snorkeling)

Jam udah nunjukkin kurang lebih pukul 3.00 sore , kitapun siap berangkat buat ke tempat snorkeling , katanya si deket jembatan Cinta, kalo kalian belum tau Jembatan Cinta itu salah satu ciri khas Pulau Tidung , kita kesana dengan mengendarai sepeda yang kita sewa dengan harga Rp.15.000 dan kalo yang bisa boncengan Rp.20.000 , cuma kita dikasih diskon jadi Rp. 30.000 buat dua sepeda, yang bisa boncengan sama yang enggak.

(Penampakkan Sepeda)

(Jembatan Cinta)

Dan akhirnya kita sampai juga di dekat jembatan cinta sambil ditemenin sama pemandu, gue kira kita snorkeling naik perahu , ternyata kita jalan dari bibir pantai sampe ketengah , katanya kalo naik perahu kita nambah lagi biaya Rp35.000/org buat nyewa perahu. yaudahlah kita jalan aja, sambil jalan sang pemandu cerita cerita banyak sama kita , mulai dari cerita tentang kapal KM.Nusantara yang sebenernya gak bisa ke Dermaga Pulau Tidung karena kapalnya yang terlalu besar sampe cerita tentang resiko bahaya snorkeling berjalan dari bibir pantai sampe ke tengah karena suka ada bulu babi, ikan beracun sampe karang yang tajem tajem.

(Kita jalan dari sini ke tengah buat snorkeling)

Ngedenger cerita itu gue jadi sedikit takut , tapi yaudahlah lanjut aja, sampe ditengah ikan ikan mulai keliatan, tapi pemandu nyuruh kita lebih ketengah lagi karena disana lebih banyak ikan yang bagus , sialnya gak tau karna gue terlalu semangat atau kurang hati hati, gue kaget kedorong ombak sampe kepeleset dan akhirnya kena karang , gila itu sakit banget, robek kaki gue kegores karang, tapi masa baru mulai gue harus turun yaudah mau gak mau gue tahan sampe selesai , seenggaknya sampe gue bisa liat banyak ikan yang cantik cantik, ternyata bener, ditengah banyak banget ikannya yang cantik cantik, tapi sayangnya gw gak bisa abadikan momen nya karna gak ada kamera yang bisa dibawa ketengah, sedihlah.

(Kena Karang, harus hati-hati)

Udah lumayan lama kita didalem air ngeliatin ikan sambil ngasih makan pake biskuit , dan gue juga udah mulai gak kuat sama perihnya kaki ini, akhirnya snorkelingnya selesai juga, kitapun bergegas kembali menuju bibir pantai , sepanjang jalan menuju bibir pantai sang pemandu nemu Timun laut gede banget dan kita di hadang sama banyak anak ubur ubur yang lumayan bikin gatel. sesampainya di bibir pantai kitapun istirahat sejenak untuk merencanakan apa lagi yang akan kita lakukan.

(Selesai snorkeling bareng pemandu)

Gak kerasa jam nunjukin jarumnya ke arah angka 4, temen gue ngajakin buat berenang dan loncat dari jembatan cinta , karna kaki gue yang lagi sakit gue jadi gak bisa ikutan, gila seru banget mereka yang pada loncat dari atas jembatan, gue cuma bisa ngeliatin doang , gak cuma cowo, cewe pun ada yang berani loncat, lumayan tinggi si, dan di bawah juga lumayan dalem, udah gitu harus hati hati banyak speedboat sama perahu yang lewat, jadi jangan asal loncat.

(Diatas Jembatan Cinta siap untuk loncat)

(Loncat dari Jembatan Cinta)

Setelah puas seru seruan di Jembatan Cinta sampe dapet foto Loncat yang bagus kitapun pindah haluan menuju ke arah Sunset area dengan menggunakan sepeda melewati pemukiman warga sekitar, lumayan jauh dari titik awal karena kita itu dari ujung ke ujung, ngelewatin pemukiman, sekolahan, sampe ngelewatin hutan , kasian temen gue kecapean ngeboncengin gue , gue si enak di bonceng , cuma bokong doang yang sakit kalo jalannya gak rata.

(Diboncengin)

(Menuju sunset area)

(Melewati hutan)

Sampe di sunset area , matahari udah mulai tenggelam, kita telat sebenernya , karena kita dateng sekitar jam 6 sore , tapi langit masih indah buat dilihat dari sisi pantai dan terlihat sangat luar biasa. kitapun banyak mengabadikan momen dengan foto foto sampe langit mulai gelap.

(narsis bareng sunset)

(cekrek cekrek di area sunset)

(santai menikmati sore menunggu malam)

(langit masih terlihat indah)

(Temen gue galau liat wanita wanita berhijab)

Setelah matahari tak terlihat, kitapun kembali ke penginapan, lagi lagi menggunakan sepeda seperti biasa gue diboncengin melewati hutan dan pemukiman, namun kita gak hanya bertiga, kita bareng banyak wanita berhijab, lumayan lah jadi gak terlalu serem ngelewatin hutannya , soalnya kan malem jum'at juga, ngeri jadinya.

(Matahari udah tenggelam)

(Bergegas kembali kepenginapan)

Sesampenya di penginapan, kita langsung mandi satu persatu dan masak mie untuk makan malam. dari pertama kita sampe dipulau tidung kita belum makan nasi, siang tadi makan mie, sekarang malem juga masak mie, dan rencananya besok pagi juga kita bakal makan mie lagi. haduuh

(Masak mie buat makan malem)

Setelah makan , kita berencana mau keliling keliling buat nikmatin malem, cuma karna temen gue yang udah terlalu kecapean , akhirnya kita cuma nongkrong nikmatin malem di pinggir pantai deket penginapan sambil ngopi, main kartu dan sambil cerita cerita seru.

(Nongkrong dulu menikmati deburan ombak malam)

Jam udah nunjukkin sekitar pukul 10.00 malem , mata udah mulai sepet dan ngantuk, akhirnya kita kembali kepenginapan untuk tidur, karna tempat penginapan yang terlalu luas untuk kita bertiga, kita jadi takut, ditambah malem jum'at jadi parno buat tidur misah misah , dan akhirnya tidur di ruangan depan sambil menyalakan TV.

Gue stop disini dulu ceritanya , karna terlalu panjang takutnya kalian bete bacanya dan informasi yang mau gue sampaikan ke kalian takutnya nanti malah gak ngena juga ke kalian, jadi bakal gue lanjutin di tulisan gue berikutnya , makasih banyak buat kalian yang udah mau baca cerita kegiatan gue, semoga kalian suka dan menjadi informasi yang bermanfaat buat kalian. kalian bisa komen dan bantu share tulisan ini.

Sebenernya kita cukup beruntung ketemu Bang Udin, selain dia ramah, dia juga banyak memberikan potongan harga sama kita, jadi lumayan lah persediaan uang kita bisa cukup sampe besok pulang, yang dari niatnya mau ngemper dipinggir pantai jadi ada di penginapan yang cukup nyaman.

Rincian biaya yang udah keluar pada hari pertama di Pulau Tidung (belum termasuk jajan) :

Penginapan                          Rp. 200.000 = dibagi tiga jadi sekitar Rp. 67.000/orang
Snorkeling                           Rp. 35.000/org
Sepeda                                 Rp. 20.000 = dibagi dua orang jadi Rp.10.000/org
Parkir Sepeda                      Rp. 2000 di jembatan cinta & Rp. 2000 di sunset area = Rp. 4000
TOTAL biaya kurang lebih         Rp. 116.000

Info Penginapan yang kita tempati :
Nama : Penginapan Tepi Laut Ibu Ina
Nama Pemilik : Ibu Ina
Pemandu : Bang Udin
Harga awal yang ditawarkan ke kita : Rp. 250.000
Nomor HP : 085882025456 / 081617190294

1. Wah seru juga ya jalan-jalan ke P Tidung. Btw, untuk kapal pulangnya adanya jam berapa ya?